5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh

5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh - Masalah memori smartphone yang penuh bukanlah hal yang tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone android yang terlalu banyak menyimpan berbagai file yang menyebabkan memori sepat penuh. Apalagi jika notifikasi itu mucul ketika Anda sedang merekam video momentum penting saat acara pernikahan atau acara bersama keluarga anda. Tentu saja hal itu yang membuat kita menjadi jengkel kenapa itu terjadi pada saat-saat momen penting tentu saja itu karena memori anda yang penuh dan banyak berkas yang tidak penting tetapi masih disimpan pada ponsel anda. Anda bisa saja menambahkan kapasitas pada memori ponsel dengan MicroSD Exsternal. Lantas, Bagaimana Jika Memori Itu Juga Telah Maksimal Digunakan?
5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh
Mengatasi Memori yang Penuh
5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh
Pada artikel kali ini botol-pecah.com akan berbagi sebua Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa anda lakukakan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi memori smartphone di android anda. Misalnya saja dengan menghapus aplikasi yang tidak sering kita gunakan pada android kita. Selain itu, ada beberapa trik yang bisa anda lakukan dan berikut andalah 4 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh.


1. Menghapus File Sampah pada Android.
Menghapus file sampah pada android ini sangatlah penting anda bersihkan jika tidak anda bersihkan maka sampah pada perangkat android anda semakin lama akan semakin menumpuk. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan sampah ponsel anda salah satu nya adalah Clean Master, Shareit dan aplikasi yang sudah tersedia pada ponsel anda. Caranya cukup mudah anda buka aplikasi Clean Master lite lalu pilih "Pindai" tungguh proses selesai pilih "Bersihkan Sesampahan". Dengan cara itu maka berkas sampah yang tertinggal pada ponsel anda akan terhapus dan membuat memori anda menjadi sedikit legah dengan dihapusnya sampah-sampah yang tidak penting.

2. Hapus Cache dan Data Pada Aplikasi.
Langkah ini pas untuk anda yang tidak mau menghapus aplikasi yang jarang digunakan pada smartphone anda. Cukup dengan membuka bagian "Settings" ponsel anda pilih "Storage", Lalu pilih "Apps". Pilih aplikasi yang akan anda hapus datanya lalu anda akan menemukan opsi "Clear Data and Clear Cache". Bersamaan dengan itu anda pun bisa melihat sebanyak apa cache dan database suatu aplikasi meraup memori anda jadi anda tahu aplikasi apa yang membuat memori anda menjadi penuh. Setelah anda menghapus cache dan database, saat anda membuka aplikasi itu kembali seperti pertama kali anda menginstall aplikasi. Misalnya saja aplikasi Facebook, akun anda akan otomatis logout atau keluar setelah anda menghapus cache dan database.

3. Sinkronisasi Foto dan Video ke Cloud.
Jika anda memiliki berbagai foto dan video yang terlalu banyak pada ponsel anda tanpa anda sadari bahwa kedua konten tersebut sangatlah banyak memakan memori anda. Jika anda tidak tega untuk menghapus sebagian foto dan video anda, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkonkan konten-konten foto dam video anda ke cloud. Untuk aplikasi android, salah satu layanan cloud yang untuk membackup foto dan video anda adalah Google Photos sebelum anda mengunggah membackup file foto dan video ke Google Photos, ada baiknya jika anda menggunakan Wi-Fi. Pasalnya, fitur yang satu ini cukup memakan data internet dan tentu akan menguras kuota anda. Cara sinkronisasinya cukup mudah yaitu dengan cara pastikan Anda memiliki aplikasi Google Foto versi terbaru bisa anda update dari playstore lalu buka aplikasi dan buka pada bagian "Settings" lalu pilih "Backup & Sync". Selanjutnya, klik pilihan "Free Up Space" untuk menghapus foto dan video di galeri yang sudah disalin ke Google Photos.

4. Hapus Data Dari Browser.
Tanpa anda sadari sebelumnya pada saat anda berselancar di internet menggunakan sebuah browser pada smartphone anda tidak sedikit memori yang terpakai pada smartphone anda. Karenanya, browser banyak menyimpan berkas sampah dan cache yang tanpa anda sadari semakin lama browser anda semakin memakan memori anda. Ada baiknya jika anda segera menghapus data dari browser mobile anda secara berkala. Jika pada Browser Google Chrome di Android, Anda cukup membuka pada bagian "Settings" pilih "Privacy", lalu "Clear Browsing Data". Selanjutnya anda pilih, centang data yang ingin Anda bersihkan. Dan beberapa pilihannya adalah History, Cookies dan Data Situs, Cache Foto dan File, serta Password yang tersimpan pada Browser.

5. Hapus Film dan Playlist Musik Offline.
Mekanisme bersih-bersih ini berlaku bagi Anda yang rutin menjajal aplikasi Video dan Musik on-demand semacam Netflix, Sportify dan Youtube. Beberapa aplikasi yang mempunyai opsi menonton video secara offline adalah Youtube dan Netflix untuk menyimpan video tersebut anda diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu video yang akan anda jadilan offline menggunakan Wi-fi atau Data internet. Perlu anda perhatikan bahwa pada saat anda mengunduh video, film atau musik secara offline pada suatu aplikasi maka file tersebut tersimpan kedalam memori smartphone. File-film umumnya memiliki ukuran yang sangat besar yaitu berkisaran 2GB. Jika Anda banyak mengunduh dan menyimpan pada smartphone anda tentu nya semakin lama akan memakan memori anda dan membuat memori anda cepat habis. Ada baiknya anda segera menghapus film yang Anda untuk atau dijadikan film offline setelah menonton film tersebut agar membuat memori anda tidak terasa sesak dan tidak cepat habis.


Sekian sebuah artikel 5 Cara Mengatasi Memori Smartphone Yang Penuh yang telah kami berikan untuk anda, semoga bisa membantu anda dalam mengatasi memori smartphone anda yang penuh. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Luangkan waktu anda untuk berkomentar di bawah ini. Satu komentar anda sangatlah berharga bagi kami, untuk kedepannya memberikan konten terbaik kami untuk anda. Salam hangat
EmoticonEmoticon