Pemahaman dan Pengertian Repository - Botol-Pecah

Pemahaman dan Pengertian Repository


Apa itu Repository? - Pengertian Repository ini mungin tidak asing lagi di telinga-telinga para Linuxer. Dan bagi kalian yang belum mengerti mengenai Arti Repository, kali ini admin akan bahas pada arrikel ini.

Repository, merupakan sekumpulan paket-paket software alias program untuk suatu  sistem operasi (red : Linux) yang dipakai untuk menunjang kinerja dari suatu  software, program, serta sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror situs paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini merupakan paket-paket khusus untuk suatu  sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapat kinerja lebih baik dari suatu  sistem operasi.

Suatu  sistem operasi semacam Linux ini kan terdiri dari beberapa macam distro. mulai dari yang berbasiskan .rpm; .deb; serta lain-lain. Jadi, pasti saja disediakan paket-paket khusus untuk menunjang kinerja software serta program dari sistem operasi tersebut agar tak tercampur aduk oleh paket-paket untuk distro lain.

Contohnya semacam paket-paket (Repository) dari Mandriva berbeda dengan paket-paket yang ada pada Ubuntu. Sebab kedua extensi tersebut, tak kompatibel satu sama lain. Maka dari itu, agar pemakai bisa dengan mudah men-mengunduh Repository, dibuatlah Mirror Repository tersebut semacam kambing ui ac id, Foss ID, serta beberapa Mirror-Mirror Lokal lainnya, Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa Repository itu merupakan paket-paket yang dikhususkan serta disediakan untuk di instal oleh beberapa macam Distro Linux.

Repository perangkat lunak Ubuntu mengandung ribuan paket perangkat lunak yang dikelompokkan ke dalam empat “komponen”. Pengelompokkan dibangun berdasarkan tipe dukungan yang bisa diberbagi serta apakah paket tersebut mengikuti Filosofi Perangkat Lunak Bebas. Komponen-komponen tersebut ialah “main”, “restricted”, “universe”, serta “multiverse”.

Repository perangkat lunak Ubuntu dibagi menjadi empat komponen (main, restricted, universe, serta multiverse) yang dibagi berdasarkan dukungan yang diberbagi serta apakah perangkat lunak tersebut sesuai dengan tujuan yang ada dalam Filosofi Perangkat Lunak Bebas.
Instalasi standar Ubuntu berisi sebagian perangkat lunak yang berasal dari komponen main serta restricted. Kamu bisa meperbuat instalasi perangkat lunak tambahan dengan memakai Synaptic Package Manager alias Aptitude. Komponen lainnya ditambahkan dengan cara merubah berkas
/etc/apt/sources.list. Lihat “man sources.list” untuk mendapat info lebih lanjut dalam meperbuat perubahan pada arsip sources.list.

Komponen “main”
Komponen “main” berisi software yang tergolong perangkat lunak bebas, bisa didistribusikan ulang dengan bebas, serta didukung penuh oleh tim Ubuntu. Dalam komponen ini terdapat software open source yang paling terkenal serta bisa dipercaya, yang sebagian besar telah terinstal dengan cara baku (default) saat Kamu meperbuat instalasi Ubuntu.
Perangkat lunak dalam komponen main berisi software yang dirasakan penting oleh pengembang Ubuntu, komunitas, serta pemakai; serta tim keamanan serta distribusi Ubuntu berniat mendukungnya. Dengan menginstal perangkat lunak dari komponen main, Kamu bisa percaya bahwa perangkat lunak tersebut hadir dengan pembetulan keamanan serta dukungan teknis.
Kami yakin bahwa perangkat lunak dalam komponen main ini ialah perangkat lunak yang diperlukan oleh tak sedikit orang dalam membangun desktop yang manfaatonal alias server internet yang hanya menjalankan perangkat lunak open source. Lisensi dari software wajiblah bebas, tetapi komponen main bisa berisi firmware biner serta font opsi yang tak bisa dimodifikasi tanpa izin dari pemiliknya. Batasan yang ada pada segala permasalahan di atas tak boleh memberatkan hak untuk meperbuat distribusi ulang.

Komponen “restricted”
Komponen restricted disediakan bagi perangkat lunak yang umum dipakai serta didukung oleh tim Ubuntu mesikipun tak hadir dalam lisensi leluasa dengan cara penuh. Harap dicatat bahwa perangkat lunak tersebut bisa saja tak didukung dengan cara penuh mengingat kita tak bisa membenahi sendiri perangkat lunak tersebut. Kita hanya bisa mengabarkan persoalan yang terjadi ke pemilik aslinya.
Beberapa perangkat lunak dari komponen restricted bakal diinstal dalam CD Ubuntu, tetapi telah dipisahkan jadi bisa dihapus dengan mudah. Kita memasukkan perangkat lunak semacam ini sebab perangkat lunak tersebut diperlukan oleh Ubuntu agar bisa berlangsung pada beberapa mesin tertentu – contohnya ialah driver biner dari vendor video card yang ialah satu-satunya cara agar Ubuntu bisa berlangsung diatasnya.
Pada dasarnya, kita hanya bakal memakai perangkat lunak open source kecuali tak ada cara lain yang mudah diperbuat untuk menginstal Ubuntu. Tim Ubuntu bekerja sama dengan vendor-vendor semacam itu demi mempercepat perangkat lunak kepunyaan mereka
menjadi open source demi menjamin keterdapatan perangkat lunak leluasa setidak sedikit mungkin.

Komponen “universe”
Komponen universe ialah fotoan dari Linux serta dunia perangkat lunak leluasa serta open source. Dalam komponen universe, Kamu bakal mendapat hampir segala perangkat lunak open source maupun perangkat lunak dengan lisensi less open. Semuanya telah dibangun dari beberapa sumber yang terdapat bagi publik. Segala perangkat lunak ini disusun memakai library serta tool yang menjadi tahap dari komponen main. Jadi perangkat lunak tersebut sewajibnya bisa diinstal serta bekerja dengan main dengan perangkat lunak yang terdapat dalam komponen main. Tetapi perangkat lunak dalam komponen universe ini tak dijamin bakal mendapat pembetulan keamanan maupun dukungan. Komponen universe berisi ribuan perangkat lunak.
Dengan memakai komponen univers ini, pemakai bisa merasakan keragaman serta fleksibilitas yang disediakan oleh dunia open source yang luas serta dibangun di atas inti Ubuntu yang stabil.
Harap diperhatikan: Komponen universe tak diaktifkan dengan cara baku (default) pada saat Kamu menginstal Ubuntu jadi Kamu perlu mengaktifkannya sendiri. Canonical tak memberbagi jaminan pembetulan keamanan berkala bagi perangkat lunak yang terdapat dalam komponen universe. Tetapi pembetulan keamanan tersebut masih bakal diberbagi pada saat komunitas telah membikinnya. Pemakai wajib sadar dengan risiko yang dibawa oleh pemakaian paket-paket dalam komponen universe. Kamu bisa mengaktifkan komponen universe dengan merubah berkas
“/etc/apt/sources.list” seusai menginstal Ubuntu.
Perangkat lunak yang popular maupun telah didukung dengan baik bakal dipindahkan dari komponen universe ke main apabila ada orang yang mau merawatnya serta ia mau mengikuti standar pada komponen main yang telah ditetapkan oleh tim Ubuntu.

Komponen “multiverse”
Komponen multiverse berisi perangkat lunak yang “tidak bebas” dalam artian lisensi yang disertakan pada perangkat lunak tersebut tak sesuai dengan Kebijakan Lisensi pada Komponen “main”.
Adalah tanggung jawab Kamu untuk memeriksa hak Kamu dalam pemakaian sebuahperangkat lunak jadi sesuai dengan lisensi yang diberbagi oleh pemegang hak cipta. Perangkat lunak ini tak didukung serta biasanya tak bisa diperbaiki maupun diperbaharui. Risiko pemakaian Kamu tanggung sendiri.

★Berikut adalah sebuah artikel Pemahaman dan Pengertian Repoaitory yang admin berikan untuk kalian. Ayo suport Blog Sederhana kami dgn cara berkomentar atau share artikel kami, karena penilaian artikel anda sangatlah berharga bagi kami★

Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemahaman dan Pengertian Repository"

Post a Comment

Luangkan waktu anda untuk berkomentar di bawah ini. Salam Hangat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel